Jika berbicara soal heroisme dan patriotisme, seringkali muncul di benak pertanyaan seperti, “bagaimana caranya menimbulkan sifat kepahlawanan di era “zaman now” generasi millennial?”.

Jika dilihat kembali, generasi millennial memiliki peranan penting bagi Indonesia di masa datang. Maka dari itu, nasionalisme penting adanya dalam setiap pribadi anak muda zaman now.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, dunia generasi millennial sangat luas (dunia maya) dan tanpa batas. Semua informasi dapat diakses dengan mudahnya, menggunakan jaringan internet.

Dengan segala “privilege” yang ada, nasionalisme atau sifat kepahlawanan dapat terbentuk. Penting bagi generasi millennial untuk bersungguh-sungguh memiliki keinginan untuk dapat berkontribusi terhadap negara.

Mengapa? Karena, pada tahun 2045, Indonesia akan berumur 1 abad. Generasi millennial lah yang pada saat itu berusia 30-50 tahun (usia produktif) yang dapat menjadi pemain untuk membangun Indonesia yang jauh lebih maju.

Apa saja yang bisa dilakukan dari sekarang?

Bekali diri dengan ilmu dan wawasan yang luas, peduli dengan isu lingkungan dan sekitar, sosialisasi dengan masyarakat, dan berbagi dengan saudara-saudara yang kurang beruntung.

Karena di zaman now, kepahlawanan bukan serta merta melakukan tindakan yang dianggap heroik.

Tetapi dalam kehidupan sehari-hari, membela dan berkorban untuk kepentingan bersama dan kesatuan Indonesia, justru sangat dibutuhkan.